Kamis, 05 Januari 2017

Apa itu CDV dan Cabinet Card?


Dalam blog ini teman-teman akan menjumpai istilah seperti :
1. CDV
2. Cabinet Card
Untuk merujuk pada foto-foto yang dijual pada blog ini.

Lalu apa itu CDV dan Cabinet Card?

1. CDV

CDV singkatan dari Carte de Visite adalah jenis foto yang ditempelkan pada karton ukuran kurang lebih 10,5 x 6,5 cm sehingga berupa seperti kartu. CDV adalah tradisi orang Barat abad 19 hingga awal 20. Jika ada keluarga atau teman yang berkunjung maka mereka akan saling bertukar foto diri berbentuk CDV agar dapat saling mengingat wajah satu sama lain. Mereka mengumpulkan CDV sebanyak-banyaknya dari teman dan keluarga yang pernah berkunjung, karena itulah disebut Carte de Visite (kartu kunjungan).
Objek dalam CDV adalah foto wajah / potret atau satu badan, biasanya lokasi foto dalam studio. Usia CDV mudah ditaksir dari model karton, seni grafis, dan pakaian orang-orang dalam foto, karena biasanya tiap dekade ada perbedaan model. Kebanyakan mereka mengenakan pakaian Gothic yang biasa dipakai di masa itu.

2. Cabinet Card

Muncul beberapa dekade setelah kehadiran CDV. Cabinet Card bisa dikata CDV dengan ukuran yang jauh lebih besar yakni kurang lebih kisaran 16,5 x 10,5 cm. Fungsinya adalah untuk dipajang di ruangan karena ukurannya yang lebih besar dari CDV membuatnya terlihat dari jauh. Biasanya dipajang di lemari kabinet, karena itulah disebut Cabinet Card.


Kesimpulan :

Jadi yang paling mudah untuk diingat adalah
- CDV = foto dengan karton ukuran 10,5 x 6,5
- Cabinet Card = foto dengan karton ukuran 16,5 x 10,5 cm

Salam Dokumania!

0 komentar:

Posting Komentar